Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Kualitas GTK Tentukan Keberhasilan Program Ditjen PAUD & Dikmas

Kualitas GTK Tentukan Keberhasilan Program Ditjen PAUD & Dikmas

13 Juli 2018 19:04:41

Pontianak, PAUD dan Dikmas. “Kualitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menentukan keberhasilan program kami,” ujar Sekertaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia dini dan Pendidikan Masyarat (PAUD dan Dikmas) Wartanto, saat Rapat Koordinasi Program Prioritas Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dan Dikmas Tahun 2019. Rabu (11/7)

Karena sehebat apapun kami menyusun berbagai program Direktorat Jenderal jika tidak selaras dengan pengembangan mutu GTK, maka hal tersebut akan sia-sia. Oleh sebab itu kami selalu berkordinasi dengan instansi terkait guna memperkuat hal tersebut.

Ditambahkan oleh Wartanto, setidaknya ada tujuh permasalahan yang saat ini dihadapi dalam peningkatan mutu dan kesejahtera GTK PAUD dan Dikmas, yaitu : standar kompetensi, rekrutmen, pemenuhan kualifikasi dan kompetensi, legalitas dalam hal status dan Dapodik, beban kerja, penilaian kinerja dan penghargaan.

Menutup paparannya, Wartanto menyampaikan perlu adanya peninjauan kembali standar kompetensi GTK yang ada, menyusun pola peningkatan mutu GTK secara menyeluruh, menyusun regulasi legalitas kompetensi dan pendataan, menyusun beban kerja dan cara melakukan penilaian kinerja serta mengusulkan perbaikan penghargaan GTK secara bertahap. (Tim Warta/MHF/AN/KS)

Semua Berita