Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Yogyakarta Juara Umum Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas

Yogyakarta Juara Umum Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas
Pemberian Hadian Oleh Sekjen Kemendikbud kepada Juara Umum

13 Juli 2018 23:03:01

Pontianak, PAUD dan Dikmas - Daerah Istimewa Yogyakarta merebut juara umum Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidik Anak Usia Dini  dan Pendidikan Masyarakat (GTK PAUD dan Dikmas ) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018 dengan berhasil menggondol juara satu dari lima kategori. Kategori Kepala SKB atas nama Sudijarto, Instruktur Kursus Tata Busana atas nama Firmanila Tyastuti, Instruktur kursus tata kecantikan rambut atas Nyudi Dwijo Susilo, Instruktur Kursus otomotif roda dua atas nama Suparno, dan Tutor Kesetaraan Paket A atas nama Ratri Widati.

 “Kami bangga, apa yang diupayakan selama ini untuk peningkatan PAUD dan Dikmas mendapat penghargaan dari pemerintah pusat. Hal ini karena upaya keras dan keikhlasan semua stakholder pendidikan paud dan dikmas di Yogyakarta,” ujar Rr. Dwi Suwarniningsih, S.Pd, kepala bidang kurikulum PAUD Dinas Kota Bantul yang mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dwi yang juga peraih Kepala SKB  juara II Tingkat Nasional tahun 2014 dan membawa SKB Berprestasi Juara I Tingkat Nasional pada tahun 2014 memaparkan bahwa kunci keberhasilan daerah Yogyakarta adalah pertama seleksi dilakukan benar-benar mencari yang terbaik dan telah dipraktekan di lapangan, juga pembinaan dan bimbingan dinas terhadap seluruh pelaku pendidikan PAUD dan pendidikan masyarakat.

“Saya kira ini keberhasilan semua pihak. Dan keseriusan pemerintah provinsi DI Yogyakarta dalam menuntaskan PAUD dan pendidikan masyarakat,” ungkap Dwi banggsa.

Seperti diketahui selain prestasi itu, DI Yogyakarta merupakan daerah dengan angka partisipasi (APK) PAUD tertinggi yakni 98,44% se Indonesia. Hal ini karena dorongan dan pendampingan oleh pemerintah daerah terus dilakukan seiring meningkatnya kesadaran Pemda mempermudah akses PAUD dan pemberdayaan masyarakat.

"Saat ini sudah banyak perhatian dari pemerintah daerah yang menunjukkan keberanian dalam menganggarkan dana insentif dalam program PAUD," ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sekjen Kemendikbud) Didik Suhardi dalam suatu kesempatan.

Dalam kesempatan penutupan apresiasi GTK PAUD dan Dikmas 2018 yang digelar di Hotel Kapuas Palace Pontianak, Kalimantan Barat ini Didik menyampaikan bahwa dengan apresiasi ini akan meningkatkan kualitas pendidikan PAUD dan pendidikan masyarakat sebagaimana tema acara yakni Membangun Karakter Peserta Didik melalui Kerja Nyata GTK PAUD dan Dikmas.

Sebelumnya, pada tahun 2017 Provinsi Jawa Barat berhasil keluar sebagai juara umum lomba Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidik Anak Usia Dini  dan Pendidikan Masyarakat (GTK PAUD dan Dikmas ) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2017 yang digelar di Provinsi Bengkulu. Di Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil merebut juara umum apresiasi guru dan Tenaga Kependidikan Pendidik Anak Usia Dini  dan Pendidikan Masyarakat (GTK PAUD dan Dikmas ) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018 yang tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Repubklik Indonesia nomor 183/P/2018 tentang Pemenang Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional tahun 2018 tanggal 13 Juli 2018.(*)

Semua Berita