Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Sekjen Kemendikbud: Kerja Keras, Kerja Ikhlas dan Kerja Tuntas..!!!

Sekjen Kemendikbud: Kerja Keras, Kerja Ikhlas dan Kerja Tuntas..!!!

13 Juli 2018 23:06:48

Pontianak, PAUD dan Dikmas – Apresiasi GTK dan Dikmas berprestasi tahun 2018 telah usai. Yogyakarta dinobatkan sebagai juara umum atas beberapa prestasi yang diukir oleh peserta apresiasi GTK dan Dikmas. Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sekjen Kemendikbud) Didik Suhardi, bahwa apresiasi ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terhadap pelaku pendidikan PAUD dan Dikmas.

“Kebanyakan pengelola dan pelaku PAUD serta Dikmas itu murni swadaya masyarakat. Sehingga apresiasi ini salah satu bentuk pemerintah dalam mendorong kemajuan dan peningkatan kualitas lembaga serta pelaku PAUD serta Dikmas,” papar Didik saat menutup acara apresiasi GTK dan Dikmas tahun 2018 di hotel Kapuas Palace, Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Di depan 1.300 undangan dan peserta yang memadati ballroom hotel Kapuas Palace, Didik menegaskan bahwa apresiasi ini hanya media untuk komunikasi dan saling berbagi ilmu serta pengetahuan untuk diterapkan dalam keseharian saat mendidik anak usia dini dan pendidikan masyarakat.

“Pendidikan masyarakat itu perlu inovasi dan kreatifitas karena kebanyakan peserta didiknya dari keluarga kurang mampu dan kurang motivasi dalam dunia pendidikan. Sehingga diperlukan kerja keras, kerja ikhlas dan kerja tuntas dalam menarik kembali anak-anak agar kembali mengenyam pendidikan. Dengan acara ini, seluruh pelaku pendidikan masyarakat berkumpul dan berbagi ilmu pengetahuan untuk dikembangkan di wilayah masing-masing. Sehingga pendidikan berkualitas benar-benar dirasakan masyarakat,” papar Didik.

Didik berpesan agar setiap pendidik di lingkungan PAUD dan Dikmas terus meningkatkan kualitas dan kompetensinya sehingga pendidikan PAUD dan pendidikan masyarakat semakin baik dan memiliki kualitas yang mumpuni. Hal ini sejalan dengan tema acara yakni Membangun Karakter Peserta Didik melalui Kerja Nyata GTK PAUD dan Dikmas.

“Saya harap bukan karena apresiasi ini saja. Tetapi seluruh pendidik, khususnya PAUD dan Dikmas meningkatkan kualitas dan terus berupaya meningkatkan mutu bagi keberlangsungan pendidikan kita. Terutama anak usia dini yang memang masa emas atau golden age, sehingga masa depan Indonesia akan semakin jaya,” pungkas Didik.(*)

Semua Berita