Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Ditjen PAUD dan Dikmas Akan Terus Pertahankan Tradisi Mengantar Anak Dihari Pertama

Ditjen PAUD dan Dikmas Akan Terus Pertahankan Tradisi Mengantar Anak Dihari Pertama
Ilustrasi : Seorang Ayah sedang mengantar anaknya berangkat sekolah dihari pertama

17 Juli 2018 20:13:59

Jakarta, PAUD dan Dikmas. “Mengantar anak dihari pertama sekolah merupakan tradisi yang baik oleh karena itu kami mendukung untuk melanjutkan dan mengembangkan hal tersebut kearah yang lebih baik lagi, ” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) Harris Iskandar. Saat ditemui diruang kerjanya di Gedung E Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Jakarta. Selasa (17/7)
Ditambahkan oleh Harris, selain akan membangun komunikasi antara orang tua dengan guru serta terbentuknya hubungan dengan lingkungan sekolah anak, mengantar anak pada hari pertama masuk sekolah akan menjalin ikatan psikologis yang kuat dengan putra-putrinya, sehingga kedepannya akan berdampak postif bagi proses tumbuh dan kembang anak.
Oleh sebab itu Dirjen PAUD dan Dikmas berpesan kepada para orang tua agar ketika mengantarkan anaknya pertama masuk sekolah bukan sekedar mengantar saja. Tetapi juga menemui guru si anak, sehingga hal apa saja yang perlu dilakukan oleh orang tua dan guru guna menunjang proses belajar anak.
Kebiasaan mengantar anak pada hari pertama sekolah yang saat ini seakan-akan menjadi tradisi, berawal dari sebuah gerakan yang diprakarsai Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga (Dit. Bindikkel) Ditjen PAUD dan Dikmas di Tahun 2016. Guna mendukung gerakan tersebut Kemdikbud menerbitkan surat edaran Kemendikbud No.28901/MPK.A/KP/2016, mengenai permohonan izin bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di hari pertama masuk sekolah. (Tim Warta/MHF/Pri-Ars/KS)

Semua Berita