Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Komitmen Kemdikbud & Kemenkeu Mengejar Ketertinggalan di Sektor Pendidikan

Komitmen Kemdikbud & Kemenkeu Mengejar Ketertinggalan di Sektor Pendidikan

20 Juli 2018 19:47:46

Jakarta, PAUD dan Dikmas. "Intinya kami bertekad untuk mempercepat dan melakukan langkah-langkah yang radikal, dalam rangka segera mengejar ketertinggalan kita di sektor pendidikan," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Saat Rapat Koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia di Plaza Insan Berprestasi Kemdikbud. Kamis (19/7)

Mendikbud juga menyampaikan kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang pada saat itu hadir bersama dengan beberapa stafnya, mengenai kendala-kendala pembangunan Pendidikan. Seperti : masih ada bangunan sekolah yang rusak di daerah, hingga adanya Pemerintah daerah yang tidak mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar minimal dua puluh persen.

Menangggapi hal tersebut Menkeu dalam pidatonya menyampaikan akan mengoptimalkan peran jajarannya untuk membuat indikator keuangan, baik pusat dan daerah yang berujung pada akuntabilitas. Dirinya pun berpesan agar para pejabat Kemendikbud mampu mendefinisikan dan memformulasikan masalah-masalah di sektor pendidikan menjadi rekomendasi yang konkret dan hasilnya memberikan dampak.

Bahkan dihadapan Pejabat dilingkungan Kemdikbud baik pusat maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT), Sri Mulyani menawarkan diri agar instansinya yang dipimpinnya untuk membantu Kemdikbud dalam pengawasan dan optimalisasi penggunaan anggaran Pendidikan. "Saya akan tugaskan tiga dirjen saya yang bisa menjadi partner bapak dan ibu. Dirjen Anggaran, Dirjen Perimbangan Keuangan, dan Dirjen Perbendaharaan," tegas Menkeu. (Tim Warta/MHF/Pri-Ars/KS)

Semua Berita