Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Setditjen PAUD dan Dikmas selenggarakan Orientasi Petugas Kebersihan

Setditjen PAUD dan Dikmas selenggarakan Orientasi Petugas Kebersihan
Kepala Subbagian Rumah Tangga Memberikan Penjelasan Teknis tentang Orientasi Petugas Kebersihan

24 Juli 2018 20:19:38

Bogor, PAUD dan Dikmas - Konsep 5K (Kebersihan, Keamanan, Ketertiban, Keindahan, dan Kerapihan) menitik beratkan pada pentingnya penataan dan kebersihan di tempat kerja secara berkesinambungan guna meningkatkan efisiensi proses kerja. Selanjutnya peningkatan efisiensi proses kerja tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap upaya peningkatan produktivitas kerja dari sebuah organisasi/perusahaan yang menerapkannya.

“Penyelenggaraan pengelolaan K-5 pada UPT Ditjen PAUD dan Dikmas merupakan kegiatan yang selama ini di anggap sederhana. Namun apabila kita cermati bersama, kegiatan tersebut sangat berdampak kepada kenyamanan, keindahan, keselamatan, keamanan, dan bahkan pada peningkatan kinerja dari masing-masing pegawai sehingga meningkatkan performa lembaga tempat kita bertugas“ papar Sekretaris Ditjen PAUD dan Dikmas, Kemendikbud, Wartanto saat membuka acara Orientasi Petugas Kebersihan di lingkungan UPT Ditjen PAUD dan Dikmas Tahun 2018, di Bogor, Rabu (24/7).

Menurut Wartanto yang juga Plt Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, bahwa Pengelolaan K-5 di UPT Ditjen PAUD dan Dikmas bukan hanya kegiatan rutin untuk sekedar saja, tetapi kegiatan ini juga mengacu kepada penjabaran dari Permendikbud Nomor 11 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam Permendikbud tersebut dijelaskan pula bahwa urusan rumah tangga yang merupakan sub bagian pada Bagian Umum dan Kerja Sama meliputi: keprotokolan, keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, pemeliharaan dan pengaturan sarana dan prasarana, kendaraan dinas, serta poliklinik.

“Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) pengelolaan K-5 (Kebersihan, Keamanan, Ketertiban, Keindahan, dan Kerapihan) pada UPT Ditjen PAUD dan Dikmas yang tersebar di 29 UPT dan sudah ditetapkan menjadi NSPK pada Tahun 2017 yang lalu,” jelas Wartanto.

Acara orientasi Orientasi Petugas Kebersihan di lingkungan UPT Ditjen PAUD dan Dikmas Tahun 2018ļ¼Œberlangsung di Hotel Royal, Bogor berlangsung selama 3 hari dari 22-24 Juni diikuti oleh 150 peserta dari seluruh UPT Ditjen PAUD dan Dikmas.(*)

Semua Berita