Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Big Data Tingkatkan Keuntungan Lembaga

Big Data Tingkatkan Keuntungan Lembaga

31 Juli 2018 18:41:59

Semarang,PAUD dan Dikmas - Teknologi Big Data menjadi salah satu solusi yang menjanjikan, terkait sifatnya yang mampu mengolah data dalam skala yang sangat besar dan variatif. Serta mampu menyajikan laporan yang akurat untuk digunakan oleh pemangku kebijakan. Manajemen data bukan lagi hanya menjadi kompetensi yang penting bagi suatu organisasi, melainkan telah menjadi bagian kritis yang berperan sebagai penentu kemenangan dalam penguasaan pasar maupun dalam pencapaian misi.


“Era revolusi industri 4.1 telah membuka peluang bisnis berbasis digital. Big data memungkinkan meningkatkan efisiensi dan efektifitas serta keuntungan bagi lembaga,terutama pelaku usaha,” papar Jayeng Baskoro,Kepala PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah saat membuka acara Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Big Data di Hotel Grand Candi, Semarang,Selasa (31/7).


Dengan workshop ini,ungkap Jayeng,jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan khususnya di lingkungan PAUD dan Dikmas mampu memanfaatkan Big data dalam pengelolaan lembaga, serta bermanfaat bagi pelaku pendidikan masyarakat yang nota bene bergerak dalam menciptakan warga belajar mandiri.
“Dari workshop ini akan terjadi tukar pengetahuan dan pengalaman di antara sejumlah peserta yang mempunyai keahlian atau profesi yang sama, guna meningkatkan pengetahuan atau memecahkan suatu masalah,” harap Jayeng.


Acara yang diikuti sekitar 200 orang dari beberapa unsur pemilik usaha (produsen) dan para pemasaran produk binaan PP PAUD dan DIkmas Jawa Tengah antara lain SKB,PKBM, LKP dan UKM ini,menampilkan pembicara dari pelaku usaha dan tenaga ahli berpengalaman. Seperti pengelola bli.bli.com. Peserta mendaftar secara online.(*)(Tim Warta/KS)

Semua Berita