Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

HAI 2018 Angkat Tema “Pengembangan Keaksaraan dan Keterampilan”

HAI 2018 Angkat Tema “Pengembangan Keaksaraan dan Keterampilan”
Kepala subdit Keaksaraan & Budaya Baca Direktorat Pembinaan Keaksaraan dan Kesetaraan (Akstara) Kastum, sedang meresmikan "Kampung Literasi" di Literasi di Pringrejo Jawa Tengah. (sumber fhoto : pemprovjateng.go.id).

04 September 2018 16:43:02

Jakarta, PAUD dan Dikmas. Tingkatkan kemampuan memahami literasi dan keterampilan masyarakat, Hari Aksara Internasional (HAI) 2018 yang akan diselenggarakan tanggal 6 s.d 9 September 2018 di Kabupaten Deli Serdang, angkat tema “Pengembangan Keaksaraan dan Keterampilan.

“Dengan mengangkat tema Pengembangan Keaksaraan dan Keterampilan saat HAI 2018, kami berharap angka masyarakat yang tuna aksara di Indonesia bisa tuntas dan juga memiliki keterampilan, ujar Kepala subdit Keaksaraan & Budaya Baca Direktorat Pembinaan Keaksaraan dan Kesetaraan (Akstara) Kastum. Saat mengecek kesiapan lokasi kegiatan yang digelar di ALun-alun Pemkab Deli Serdang-Kecamatan Lubuk Pakam. Jum’at (31/8)

Tema ini sejalan dengan komitmen pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya (SDM) dalam Nawacita, sehingga memperkuat sinergisitas hubungan antara keaksaraan dan keterampilan sebagaimana konsep dasar keaksaraan fungsional, yaitu seperangkat keterampilan yang bergantung pada konteks efektifitas keterlibatan kelompok dan komunitas dengan kegiatan-kegiatan keaksaraan.

Nantinya dengan pengembangan keaksaraan dan Keterampilan para penggiat literasi tidak hanya terfokus pada penuntasan tuna aksara saja, tetapi juga penggabungkan keaksaraan dengan keterampilan teknis dan kejuruan. Atau dengan keterampilan kerja dan kewirausahaan, ujar Kastum menutup pembicaraan

Nantinya dengan pengembangan keaksaraan dan Keterampilan, para penggiat literasi dapat memainkan peran penting dalam menggabungkan keaksaraan dengan keterampilan teknis dan kejuruan. Atau dengan keterampilan kerja dan kewirausahaan, ujar Kastum menutup pembicaraan. (Tim Warta/MHF/Pri-Ars/KS)

Semua Berita